Tehnik Memancing yang Benar

Mengulas Tehnik Memancing yang Benar dan Jenis Umpan Ikan Mujair Terbaik

Others

Kegiatan memancing memang sudah ada sejak zaman dahulu. Tujuan memancing sendiri diantaranya adalah sebagai hobi, melepaskan stress akibat pekerjaan dan dijadikan sebagai mata pencaharian oleh sebagian orang untuk mengais rupiah. Ada banyak sekali jenis ikan dan salah satu yang paling sering dicari oleh para pemancing adalah jenis ikan mujair. Selain dinilai lebih menantang, memancing ikan mujair juga sangat menyenangkan. Namun untuk mendukung kegiatan memancing ini, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti, pancing, ember dan umpan ikan mujair supaya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Ikan mujair adalah salah satu jenis ikan air tawar yang selama ini menjadi salah satu ikan pancingan yang populer dan menantang karena tergolong sulit untuk didapatkan, baik Anda memancing di sungai, danau, kolam maupun tambak ikan jika umpan yang Anda gunakan kurang optimal. Banyak jenis umpan yang paling ampuh untuk memancing ikan mujair seperti hewan kecil, yaitu:

  • Cacing. Umpan terampuh pertama yang dapat mendukung hobi memancing Anda adalah cacing. Hewan yang hidup di tanah dan menyukai area lembab ini dipercaya mampu membuat kegiatan memancing Anda akan semakin seru karena banyak jenis ikan yang menyukai cacing dan tentu saja hal ini juga akan membuat hasil tangkapan Anda memuaskan.
  • Laron. Ini adalah hewan kecil sejenis serangga dan memiliki sayap. Laron adalah umpan yang juga sering digunakan para pemancing ikan mujair karena dinilai dapat menghasilkan tangkapan yang lumayan, namun sayangnya hewan laron hanya keluar pada musim-musim tertentu saja, jadi Anda tidak bisa mendapatkannya setiap hari. Laron biasanya tinggal di tanah dan memiliki rumah berupa lubang yang berada di dasar tanah itu juga.
  • Kroto semut. Umpan ampuh selanjutnya yang sering digunakan untuk memancing ikan mujair adalah kroto semut. Kroto adalah telur semut yang memiliki warna putih dan bisa Anda temukan di dalam sebuah sarang semut. Jika sudah besar, kroto-kroto ini akan berubah menjadi semut-semut pada umumnya.
  • Jika kondisinya Anda akan memancing secara mendadak, maka Anda juga bisa menggunakan umpan ikan mujair jenis lumut hijau sebagai salah satu alternatif untuk memancing ikan mujair.

Selain umpan, Anda juga harus memperhatikan tehnik memancing ikan mujair supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, antara lain:

  • Memilih waktu untuk memancing yang tepat.

Waktu terbaik untuk memancing ikan mujair adalah saat siang hari, karena biasanya kelompok ikan mujair akan mencari makan pada waktu siang hari.

  • Memilih lokasi terbaik yang ada di sekitar Anda.

Ikan mujair adalah salah satu jenis ikan yang dapat hidup dimana saja. Meskipun habitat aslinya adalah air tawar, Anda tetap bisa memancing ikan ini di waduk, rawa-rawa dan sungai dengan aliran air yang deras maupun tenang.

  • Mata pancing dan jenis senar.

Anda harus memastikan pancing telah terpasang dengan kencang supaya tidak akan lepas ketika umpan telah di sambar oleh ikan mujair. Gunakan jenis joran tegek dengan ukuran panjang maksimal 450 cm sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda untuk mendapatkan sensasi strike yang menantang. Selain itu, ukuran mata kail yang direkomendasikan adalah nomor 3,4 atau 5, Anda bisa membeli joran dan mata kail ini secara langsung dipasaran maupun melalui toko online yang menjual peralatan pancing.

Dengan mengikuti beberapa tehnik memancing dan menggunakan jenis umpan ikan mujair di atas, maka pastinya Anda akan dapat memancing ikan mujair dengan mudah dan mendapatkan hasil tangkapan yang banyak.