5 Minuman untuk Menurunkan Kolesterol yang Sehat

5 Minuman untuk Menurunkan Kolesterol yang Sehat

Kesehatan

Kolesterol dalam tubuh yang berlebih dan menumpuk dalam tubuh sangat berbahaya. Kadar kolesterol tinggi dapat memicu pembentukan plak yang mempersempit dan menghambat aliran darah ke jantung dan otak, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu Anda harus menjaga agar kadar kolesterol tetap normal, berikut minuman untuk menurunkan kolesterol yang dapat Anda konsumsi.

  1. Jus Alpukat

Buah satu ini termasuk salah satu buah yang menjadi andalan sebagai asupan penurun kolesterol. Hal ini karena alpukat adalah salah satu sumber lemak alami yang berguna untuk membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Alpukat mengandung vitamin B kompleks, vitamin K dan mineral yang juga efektif untuk membasmi kolesterol jahat yang menumpuk pada saluran darah dan pencernaan. Selain dibikin menjadi  jus, buah alpukat juga dapat Anda konsumsi sebagai campuran salad.

  1. Teh Hijau

Teh hijau bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dan membuat pikiran jadi lebih rileks. Tak hanya itu saja, teh hijau juga bermanfaat sebagai minuman yang dapat menurunkan kolesterol secara alami.

Teh hijau mengandung flavonoid yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan pembuatan kolesterol melalui feses. Jika Anda mengonsumsi teh hijau selama 8 hari berturut-turut maka dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 2 sampai 4 persen.

  1. Jus Berry

Buah jenis beri-berian seperti blueberry dan strawberry juga baik untuk menurunkan kolesterol. Kedua jenis buah ini mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan termasuk untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Selain dibuat jus, kedua buah ini juga dapat Anda makan langsung.

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah minuman fermentasi yang memiliki banyak manfaat. Minuman ini terkenal dengan manfaatnya dalam menurunkan berat badan dan menjaga sistem pencernaan. Tak hanya itu saja, minuman satu ini juga diklaim bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Yoghurt bekerja dengan cara mengikat kolesterol pada usus sehingga bisa keluar bersama kotoran. Dalam yoghurt terkandung zat yang bisa membuat metabolisme tubuh jadi jauh lebih baik. Minuman fermentasi satu ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Konsumsi yoghurt 2 kali sehari.

  1. Jus Delima dan Apel

Buah delima mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau. Kandungan antioksidan inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengurangi penumpukan kolesterol jahat.

Sedangkan apel mengandung zat pektin, zat ini adalah zat serat larut yang bisa melancarkan pencernaan. Buah apel juga mengandung zat antioksidan yang membuatnya menjadi buah penangkal radikal bebas dalam tubuh.

Blender kedua buah ini hingga halus dan tambahkan es batu. Nikmati selagi jus masih dingin agar lebih nikmat. Jus delima dan apel dapat Anda andalkan untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Minum 2 kali sehari pagi dan sore.

Itulah beberapa minuman untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda buat sendiri di rumah dan dikonsumsi setiap hari tanpa efek samping yang mengganggu kesehatan. Namun, Anda juga harus mengimbangi dengan gaya hidup yang sehat agar kolesterol tidak meningkat. Jika Anda mengalami gejala-gejala kolesterol sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.