5 Penyebab Mobil Mesin Injeksi Mati dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Mobil Mesin Injeksi Mati dan Cara Mengatasinya

Others

Buat anda yang pertama kali memiliki mobil dan kebetulan menggunakan sistem injeksi mungkin akan sering mendengar kalimat jika mobil injeksi biasanya akan susah di nyalakan kalau sudah mati.

Padahal ini anggapan yang bisa jadi orang tersebut belum pernah menggunakan mobil injeksi sebelumnya padahal saat ini banyak sekali mobil keluaran baru hadir dengan teknologi injeksi ini.

Aartikel ini akan mencoba memberikan anda sedikit tamabahan pengetahuan seputar mobil injeksi yang dimana pertama akan kami bahas beberapa penyebab umum kenapa bisa mengalami kemacetan dan mati.

  1. Priksa pada bagian idle spedd control katup bisa jadi macet

Masalah yang pertama kebanyakan terjadi pada jenis mobil injeksi adalah pada bagian ini.

Pada bagian terdalam mesin mobil injeksi ada yang dinamakan dengan Idle spedd, dimana dari sisi kegunaan tidak lain sebagai pengatur arus masuk dan keluarnya udara yang menuju ke mesin dimana dalam posisi ketika netral.

Harusnya ketika mobil dalam posisi neteral maka harus di imbangi dengan kondisi ISC ini dalam keadaan terbuka, namun apabila terjadi sumbatan atau kerusakan pada part ini akan memberikan efek tertutupnya bagian idle speed ini maka inilah yang akan menyebabkan mesin bisa mati secara tiba tiba.

Lalu bagaimana cara menangani jika masalah yang terjadi disebabkan oleh point yang pertama ini, tenang solusinya sangat mudah anda tinggal lepaskan saja bagian kutup yang berada tepat pada throttle body.

Selain melepaskan anda juga mencoba cara lain yakni dengan cara membersihkanya bisa jadi kotor karena banyaknya debu yang masuk akibat proses pengapian yang tidak lancar, pada banyak kasus ketika ini anda lakukan maka mobol yang mulanya macet akan bisa jalan dengan sendirinya.

Jikapun masih belum bisa maka bisa anda coba cara kedua, atau langsung saja ke bengkel resmi ya.

  1. Perhatikan pada bagian pompa fuel ijeksinya apakah masih hidup ?

Kemudian masalah kedua yang bisa anda deteksi sendiri adalah pada bagian pompa fuel ijection yang sangat rentan sekali mengalami masalah jika anda terlat dalam melakukan perawatan seperti ganti oli mesin misalkan.

Pada sisitem mesin mobil injeksi sekarang ini peran pompa ini sangat penting sekali. Dimana salah satu peranya adalah sebagai menjaga tekanan yang berasal dari bahan bakar selama proses keluarnya tenaga dari injector untuk proses gerak mobil baik maju dan mundur bahkan dalam kondisi pertama kali menyala.

Ketika ijector pada mesin mobil ini tiba tiba bermasalah sampai mati misalkan maka akibatnya sudah bisa ditebak yakni tidak bisa menyalurkan bahan bakar yang akan menuju pembuangan keluar terakhir. Nah, karena bensin ini tidak bisa sampai maka sudah pasti dong mesin mobil tidak akan bisa menyala.

Bagaimana cara mendeteksi kerusakan yang terjadi pada bagian pompa fuel ini ? simple sekali anda bisa mengenalinya dari suara, apabila ketika dinyalakan mobil anda mengeluarkan suara dengung besar maka bisa dikatakan masih bekerja pompanya dan kebaliknya apabila tidak ada suara nguung maka pompa bisa saja mati dan tidak bekerja maka solusinya anda bisa ganti pompa.

  1. Periksa pada bagian selang bahan bakar, apakah normal atau sudah bocor

Ini adalah efek fatal sebenarnya apabila sampai selang yang menyalurkan bahan bakar bisa sampai terbakar atau bolong.

Sebab bolong dan rusaknya selang ini sangat banyak bisa karena anda tidak pernah ganti oli sehingga terjadi gesekan antara komponen mesin atau bisa juga karena pengaruh benda lain atau hewan pengerat seperti tikus misalkan yang tiba tiba masuk ke dalam bagian mesin mobil anda kemudian menggigit selang bahan bakar.

Bocornya selang ini sangat gampang di deteksi, pada kebanyakan kasus mobil masih bisa menyala namun dari sisi tenaga untuk jalan akan sangat lemah bahakan tesendat karena bahan bakar yang masuh kedalam mesin berkurang.

Kemudian juga anda bisa cek ketika mobil dalam kondisi diam setelah anda gunakan ada banyak sekali tetesan bensin pada bagian bawah mobil anda. Bedakan ya tetesan bensin dan bekas AC.

Cara mengatasi paling mudah kami sarankan anda mengganti selang saja daripada membiarkanya dan akan menimbulkan dampak lebih serius bisa saja terjadi kebakaran secara tiba tiba kalau tetesan bensin ini terkena percikan api.

  1. Kerusakan pada busi mobil

Perhatikan juga fungsi busi pada mobil anda, setidaknya ada 4 buah busi yang ada pada mesin mobil. Jangan sampai salah satu diantara ke empatnya ini ada yang mati maka akan berpengaruh pada kinerja mesin.

Busi yang mati dan rusak akan berakibat pada matinya mesin sampai dengan karburator juga terkadang ikut terkena efeknya.

Nah cara termudah memperbaiki masalah ini anda harus ke bengkel memang karena kalau dilakukan sendiri tanpa adanya pengalaman maka jangan anda coba coba.

Setidaknya ketika anda sedang mengganti di bengkel ganti oli minta sekalian di periksa businya atau bila perlu lakukan tune-up mobil jika diperlukan demi kenyamanan anda berkendara lebih maksimal.

  1. Bisa juga maslah bersumber dari aki mobil anda

Aki memiliki pernan penting dalam proses menyala sebuah mobil sampai jalan dengan lancar, ketika anda membeli mobil bekas misalkan anda cek saja bagian akinya juga jangan sampai ketinggalan disana akan tertera tanggal, bulan dan tahun kapan anda harus mengganti aki selain memeriksan air akinya apakah masih berada pada titik normal.

Masalah pada akin terkadang terjadi karena banyak faktor salah satu bisa jadi karena mobil anda jarang dipanaskan dalam waktu yang lama sehingga aki menjadi lemah, jika ini masalahnya maka anda bisa cas akinya.

Namun kalau akinya soak maka jalan satu satunya anda harus menggantinya. Harga aki mobil sekarang bermacam macam sesuai besaran CC mobil anda tapi masih dibawah 1 juta.