6 Lokasi Wisata Jakarta untuk Liburan di Tengah Kota

6 Lokasi Wisata Jakarta untuk Liburan di Tengah Kota

Traveling

Bagi sebagiang penghuninya, Jakarta mungkin kota yang sudah membosankan dan identik dengan macet yang melelahkan. Akan tetapi bukan berarti kota metropolitan ini sudah kehabisan hiburan yang bisa mengisi liburan Anda.

Sebenarnya Jakarta juga punya banyak pilihan wisata, mulai dari kuliner, tempat nongkrong menghabiskan waktu, hingga lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan berfoto-foto. Tempat-tempat itu tersebar bukan cuma dalam kota saja, tapi juga di macam-macam wilayah sekitar.

Aksesnya pun mudah. Kalau berada di Jakarta, Anda sudah tentu tidak perlu bingung soal transportasi karena bisa menyewa mobil atau cukup memakai angkutan umum. Namu jika Anda dari kota lain, misalnya Bandung maka cukup banyak pilihan untuk mencapai Jakarta. Anda bisa menggunakan pesawat untuk perjalanan yang butuh waktu cepat dan jangan lupa untuk selalu mengecek status penerbangan Anda. Anda juga bisa memakai kereta atau bis yang berhenti langsung di pusat kota. Begitu pula jika berangkat dari kota selain Bandung, mungkin pesawat adalah pilihan yang lebih mudah.

Kalau Anda memutuskan untuk mencoba liburan di Jakarta dan seputarnya, pastikan Anda mengunjungi beberapa tempat menarik di bawah ini:

  1. Bianglala di AEON Mall

Anda tidak harus keluar dari Jakarta untuk bisa mengunjungi AEON Mall. Pasalnya, mall gaya Jepang itu sudah ada di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Anda bisa lebih mudah menjangkau dan menikmati seisi mall tersebut.

Salah satu yang menarik dan harus Anda coba adalah bianglala bernama J-Sky yang terletak di atap AEON Mall. Tingginya sekitar 69 meter dengan diameter 50 meter dan memiliki 32 buah Ggondola. Naiklah, maka dari atas sana Anda bisa menikmati pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian yang pastinya keren.

  1. Taman Kalijodo

Ini merupakan kawasan terbuka yang belum lama diresmikan. Lokasi Kalijodo Park ada di Jalan Kepanduan II, Penjaringan. Dulunya wilayah ini dikenal sebagai sebagai lokasi prostitusi dan sarang hiburan malam. Namun citranya kini berubah sepenuhnya menjadi kawasan wisata ramah anak, sejak kehadiran Kalijodo Park.

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda gunakan sebagai sarana hiburan di sini, mulai dari lapangan khusus beramain  skateboard dan BMX, area dinding mural yang Instagramable, hingga lapangan futsal.

  1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu dapat ditempuh selama sekitar satu jam dari Kota Jakarta, menyeberang dengan speedboat. Begitu sampai, jernihnya air akan langsung menyambutmu bersama angin sepoi-sepoi dan lembut pasir pantainya.

Ada beberapa pulau yang bisa Anda kujungi di sini. Masing-masing menawarkan sensasi yang berbeda. Misalnya Pulau Onrust yang memiliki Benteng tua di bagian tengahnya, Pulau Bidadari yang memiliki resort wisata, dan Pulau Kelapa yang berisi perkampungan penduduk.

  1. Museum Fatahillah

Salah satu spot wisata yang menarik yang dapat Anda kunjungi selama berada di Jakarta adalah Museum Fatahillah. Wisata yang satu ini sepertinya berada di kawasan Kota Tua Jakarta dan sudah menjadi ikon tersendiri. Dapat dikatakan jika museum ini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Ada banyak sekali benda-benda peninggalan dari jaman Belanda  yang masih tersimpan rapi di Museum Fatahillah.

  1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Dari Museum Fatahillah, Anda bisa berjalan kaki atau menggunakna angkutan umum untuk menuju ke pelabuhan Sunda Kelapa. Pada masanya, ini merupakan pelabuhan ini menjadi salah satu pelabuhan penting di Indonesia karena menjadi tempat masuknya berbagai kapal asing. Fungsinya kemudian berubah hingga dijadikan sebagai pelabuhan untuk kegiatan berdagang. Anda bisa menemukan kapal-kapal besar yang sedang bersandar di sini.

  1. Taman Situ Lembang

Ini merupakan salah satu salah satu taman tertua di Jakarta. Lokasi Taman Situ Lembang tepat di Jalan Lembang Terusan D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Walau disebut taman dan dikelilingi bangunan buatan manusia, di bagian tengahnya sebenarnya terdapat sebuah danau alami. Anda bisa mengunjungi taman ini untuk menikmati suasana yang syahdu. Apalagi lokasinya cukup tersembunyi dari hiruk-pikuk jalanan Jakarta.