6 Manfaat Berenang Untuk Anak

6 Manfaat Berenang Untuk Anak

Parenting

Berenang merupakan aktivitas yang disukai anak. Ternyata berenang memiliki manfaat berenang untuk anak terutama dalam meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh anak. Bukan hanya itu saja, berenang juga dapat melatih kekuatan jantung dan paru-paru. Maka dari itu anak-anak disarankan untuk berenang sejak kecil bahkan bisa dimulai sejak usia 3 bulan.

Manfaat Berenang Bagi Anak

Orang tua harus benar-benar mengawasi, menjaga, dan mendampingi anak selama berenang untuk menjaga keamanannya. Anak tidak boleh ditinggal sendirian meskipun anak sudah mahir berenang. Pastikan juga air di dalam kolam renang benar-benar bersih. Beberapa manfaat berenang bagi anak yaitu :

  1. Melatih otot

Bergerak di dalam air tidak semudah berjalan di daratan. Tenaga yang dibutuhkan bisa dua kali lipat agar bisa melawan gaya air. Otomatis anak membutuhkan tenaga dari otot-ototnya agar bisa bergerak. Dengan ini anak akan lebih kuat dan membantu perkembangan ototnya.

  1. Kepercayaan diri

Dengan berada di dalam air, anak harus bisa mengatur dan menggerakkan tubuhnya sendiri mulai dari menguasai gerakan yang ringan hingga yang rumit. Dengan ini anak bisa merasa lebih percaya diri setelah memiliki kontrol tubuh yang baik. Anak akan pelan-pelan memiliki motivasi dalam bergerak dan berkembang saat berenang.

  1. Kemampuan bertahan

Dengan belajar berenang maka kemampuan anak dalam bertahan hidup akan meningkat terutama di dalam air sehingga bisa digunakan apabila sewaktu-waktu sedang dalam kondisi darurat. Manfaat berenang untuk anak dapat mencegah risiko tenggelam namun anak sebaiknya tetap diawasi meskipun sudah mahir.

  1. Meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru

Berenang juga menjadi olahraga untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Hal ini karena saat berenang, anak akan melatih mengatur pernapasan dan juga mengangkat kepala. Apabila dilakukan secara rutin maka kesehatan jantung dan paru-paru akan lebih terjaga.

  1. Mencegah obesitas

Obesitas merupakan suatu keadaan di mana seseorang mengalami kelebihan berat badan. Berenang secara rutin dapat mencegah hal tersebut terjadi. Berenang juga dapat menjaga berat badan dan postur tubuh lebih baik serta dapat meningkatkan stamina.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Pergerakan saat berenang dapat mendukung perkembangan saraf otqak corpus sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan fungsi kognitif anak. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam pembelajaran akademis, berbahasa, membaca, dan kesadaran spasial.

Inilah 6 manfaat berenang untuk anak. Setelah memahami manfaatnya, tidak ada salahnya untuk melatih anak berenang sejak dini sehingga anak bisa bermain sambil mendorong tumbuh kembangnya. Berenang membutuhkan energi sehingga pastikan untuk memberikan nutrisi yang cukup setiap harinya. Susu Nutrilon Royal memiliki nutrisi yang lengkap yaitu ActiDuoBio+, FOS:GOS 1:9, Vitamin C, vitamin E, Omega 3, Omega 6, kadar gula rendah, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh si kecil.

Deskripsi : manfaat berenang untuk anak beragam dan penting untuk diajarkan sejak kecil sehingga lebih maksimal.