6 Manfaat Kalsium bagi Segala Tingkatan Usia

6 Manfaat Kalsium bagi Segala Tingkatan Usia

Kesehatan

Kalsium termasuk ke dalam kelompok gizi yaitu garam mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Kalsium dapat diperoleh dari sumber makanan namun jika diperlukan, kalsium juga tersedia dalam bentuk obat dan suplemen. Agar lebih memahami manfaat kalsium bagi tubuh segala tingkatan usia, simak penjelasan di bawah ini!

  1. Membantu Pertumbuhan

Kalsium sangat berpengaruh pada pembentukan tulang dan gigi baik bagi usia anak hingga usia tua. Kondisi gigi dan tulang akan tetap baik jika kalsium dalam tubuh terpenuhi. Tulang dan gigi menjadi kuat dan tak alami keroposan serta jumlah kalsium sekitar 99% tersimpan dalam tulang dan gigi. Hal ini karena kalsium merupakan komponen utama dalam pembentukannya.

  1. Mencegah Osteoporosis (Pengeroposan Tulang)

Osteoporosis biasanya terjadi pada usia lanjut, namun tidak dipungkiri juga dapat terjadi pada usia muda. Asupan kalsium sangat berpengaruh pada pembentukan dan perbaikan kondisi tulang. Tulang yang mulai berongga atau mengeropos akan dibantu untuk dirapatkan bagian-bagiannya oleh kalsium.

Maka dari  itu, kini banyak susu dengan kalsium tinggi yang diperuntukkan untuk usia lanjut. Meskipun usia sudah lanjut namun tetap melakukan aktivitas seperti biasanya sesuai umur karena untuk memaksimalkan fungsi tulang. Aktivitas yang melibatkan pergerakan tulang akan mencegah pengeroposan dan pengapuran sendi.

  1. Membantu Pembekuan Darah

Kalsium merupakan salah satu faktor di antara 13 faktor dalam pembekuan darah. Koagulasi merupakan penggumpalan darah atau proses pembekuan darah. Vitamin ini akan membantu proses pembekuan darah dengan mengantarkan zat tertentu dalam pembentukan benang-benang fibrin. Kekurangan vitamin K dapat mengganggu dalam proses pembekuan darah.

  1. Menurunkan Gejala Hipertensi

Kalsium yang tercukupi dalam tubuh dapat menurunkan gejala yang menimbulkan hipertensi. Berbagai penelitian menunjukkan konsumsi suplemen kalsium sekitar 1-2 mmHg pada pasien hipertensi ataupun bukan, membantu menurunkan gejala hipertensi. Menurut penelitian, hal ini sangat berpengaruh pada orang yang  mendapat asupan kalsium sangat sedikit.

Orang yang menerima asupan kalsium sangat sedikit ini, biasanya  akan lebih berpengaruh saat menerima garam mineral seperti kalsium. Selain manfaat tersebut, kalsium juga dapat mengurangi preeklampsia yang terjadi setelah melahirkan. Efektif menurunkan resiko preeklampsia mencapai 50%.

  1. Mengatasi Gejala PMS

Kurangnya asupan kalsium beserta vitamin D dapat menimbulkan gejala PMS ( Premenstrual Syndrome ). Kurangnya kalsium ini akan mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron, menimbulkan reaksi buruk pada tubuh yang memasuki masa menstruasi. Reaksi buruk ini merupakan gejala PMS seperti nyeri sendi, nyeri di dalam perut, nyeri di area payudara.

Selain itu juga menyebabkan perut kembung, nyeri pada tulang dan masih banyak lainnya. Gejala ini diklaim dapat diatasi dengan mengkonsumsi banyak  kalsium dibarengi dengan vitamin D. Anjuran minum tetap disesuaikan dengan dosis yaitu sebanyak 1000mg kalsium dan 1000-2000 IU vitamin D. dosis yang sesuai akan memaksimalkan peran dari kalsium itu sendiri.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Peran dari garam mineral satu ini salah satunya untuk membantu kontraksi otot jantung. Namun konsumsi kalsium ini sangat memperhatikan dosis, karena dapat berdampak sebaliknya. Banyaknya asupan kalsium dapat menaikkan resiko penyakit jantung. Konsultasi terlebih dahulu jika terdapat gejala penyakit jantung karena dapat disebabkan faktor selain kekurangan kalsium.

Itulah beberapa manfaat kalsium di berbagai tingkatan usia. Mulai dari anak-anak yang membantu pertumbuhan, remaja menurunkan gejala PMS hingga pencegahan osteoporosis pada orangtua. Peran kalsium akan tepat dan maksimal jika dikonsumsi dalam jumlah yang disesuaikan dengan dosis yang  dianjurkan. Agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.