Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak

6 Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak, Orangtua Wajib Tahu!

Lifestyle

Olahraga tak hanya diperuntukkan untuk orang dewasa, anak-anak juga perlu melakukannya. Olahraga bagi anak-anak memiliki segudang manfaat. Salah satunya meningkatkan pertumbuhan. Olahraga yang dibarengi dengan asupan gizi yang  cukup bagi usia anak-anak sangat bagus untuk tumbuh kembangnya. Berikut manfaat olahraga bagi anak-anak!

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Usia anak-anak adalah usia yang sangat bagus untuk menerima pengetahuan baru. Kecerdasan pada anak dapat ditingkatkan tak hanya melalui belajar, namun juga diselingi olahraga. Penelitian dari Michigan State University’s Institute menyatakan bahwa anak yang gemar melakukan olahraga memiliki kecerdasan yang lebih tinggi.

Secara fisiologi, olahraga pada anak akan melibatkan banyak fisik yang ikut bergerak dan melancarkan peredaran darah. Sehingga oksigen dapat dibawa menyeluruh ke seluruh tubuh, tubuh menjadi bugar dan mudah berkonsentrasi. Selain itu, anak akan memperhatikan kapan waktu untuk berolahraga, sehingga ia menjadi pintar membagi waktu.

  1. Menciptakan Rasa Percaya Diri

Olah fisik pada anak akan memberikan citra fisik yang sehat serta penilaian yang positif terhadap diri sendiri. Olahraga akan memberikan peluang pada anak untuk berprestasi. Anak juga akan selalu berpikir positif terhadap diri sendiri melalui ajang pengembangan  diri. Adanya keinginan untuk mencapai suatu prestasi akan membuat anak terus belajar pantang menyerah.

  1. Melatih Kerjasama Tim

Manfaat ini tentunya didapatkan dari olahraga dengan sistem berkelompok. Olahraga yang dimaksud seperti kasti, sepak bola, estafet tongkat, dan lainnya yang membutuhkan kerjasama antar anggota. Tim dari olahraga ini akan menerapkan aturan yang telah disepakati bersama, mendengarkan pelatih, dan memberikan yang terbaik untuk tim adalah tanggungjawab bersama.

  1. Sebagai Sarana Sosialisasi

Manfaat satu ini sangat berguna untuk anak dengan sifat pemalu dan minder. Jenis olahraga berkelompok atau tim, mendukung anak menjadi lebih percaya diri. Anak akan dengan sendirinya membaur dalam kelompok dan secara spontan berkomunikasi. Tim dalam olahraga merupakan sarana pendukung kekompakan dan persahabatan antar anggota.

  1. Membangun Sportifitas Bermain

Dimulai dengan hal sederhana seperti olahraga, ini akan membangun anak menjadi lebih sportif. Kalah atau menang, merupakan hal yang memang harus ada dalam permainan. Namun saat berolahraga, kalah atau menang tetap harus diterima. Sikap sportif ini akan dibawa hingga dewasa yang membuat diri menjadi lebih pintar menghargai teman dan bekerja secara sportif.

  1. Meningkatkan Kesehatan

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan bagi semua yang berolahraga baik anak-anak maupun dewasa adalah sehat. Aktivitas fisik ini akan menyeimbangkan fungsi dalam tubuh seperti lemak, darah, dan lainnya. Berat badan menjadi ideal karena banyak kalori yang terbakar sehingga mencegah anak obesitas, keadaan fisik ini dapat mengganggu kesehatan anak.

Itulah keenam manfaat olahraga bagi anak-anak. Banyak manfaat lainnya yang diperoleh seperti memberikan rasa bahagia, dapat belajar  menentukan target, menghindarkan anak dari tindak kriminalitas dan lainnya. Tak hanya manfaat secara fisik yang diperoleh melalui olahraga, namun juga manfaat untuk psikis dan sosial anak.