6 Nutrisi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Biar Gak Gampang Sakit

6 Nutrisi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Biar Gak Gampang Sakit

Parenting

Beda dengan orang dewasa, sistem kekebalan tubuh anak masih dalam proses perkembangan. Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan nutrisi tepat untuk daya tahan tubuh anak, agar perkembangan sistem kekebalan tubuhnya optimal, sehingga jadi tak gampang sakit. Anda bisa berikan 6 asupan nutrisi berikut ini, untuk mendukung optimalnya perkembangan sistem daya tahan tubuh si buah hati.

  1. Zat Besi

Mengapa anak butuh asupan zat besi yang cukup? Hal ini dikarenakan fungsi zat besi yang krusial dalam pembentukan hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen dalam tubuh. Anak-anak membutuhkan asupan zat besi 5 kali lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Zat besi bisa diperoleh dari makanan seperti kacang-kacangan, daging, dan sayuran hijau.

  1. Zink

Zink dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel dan membentuk enzim yang berguna bagi daya tahan dan pertumbuhan tubuh anak. Jika anak memperoleh asupan zink yang cukup, sekiranya ada luka di tubuhnya, proses penyembuhannya akan jadi lebih cepat. Mengingat zink tak diproduksi tubuh secara alami, Anda cukupi nutrisi ini pada anak dengan memberinya susu dan daging.

  1. Vitamin C

Sel darah putih membutuhkan vitamin C untuk memerangi infeksi yang terjadi dalam tubuh anak. Tak hanya itu saja, vitamin C juga akan berperan sebagai antioksidan alami bagi perkembangan daya tahan tubuh buah hati Anda. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh, maka tubuh pun bisa menyerap zat besi dengan baik. Vitamin C bisa diperoleh dari makanan seperti jeruk dan ubi.

  1. Vitamin A

Selama ini, vitamin A populer sebagai vitamin yang bisa menjaga kesehatan mata. Lebih dari itu, vitamin A merupakan pendukung sistem daya tahan tubuh anak. Vitamin A bekerja dengan cara meregenerasi respons antibodi dan fungsi sel imun tubuh. Anda bisa berikan anak nutrisi satu ini melalui telur, sayuran hijau, yogurt, dan juga buah-buahan.

  1. Vitamin D

Tak hanya dapat mendukung pertumbuhan tulang, vitamin D juga memiliki peran yang krusial dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak. Melalui efek imunomodulasi yang dimilikinya, vitamin D akan menguatkan sel-sel imun dalam tubuh anak. Anda bisa sajikan makanan seperti ikan, kacang kedelai, dan bayam untuk anak, agar bisa memperoleh vitamin D ini.

  1. Vitamin B

Tubuh anak membutuhkan vitamin B untuk mendukung kerja sel darah putih dalam melindungi tubuh dari risiko infeksi. Vitamin B seperti B12, B9, dan B6 khususnya, berperan penting dalam mempertahankan limfosit. Asupan vitamin B bisa Anda berikan pada anak melalui makanan seperti ikan salmon, daging sapi, dan telur.

Itulah tadi 6 jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk mendukung perkembangan sistem daya tahan tubuhnya. Dengan memberikan asupan nutrisi tepat untuk daya tahan tubuh anak ini, maka anak akan tangguh dalam beraktivitas, juga jadi tak gampang jatuh sakit. Jangan lupa, cukupi juga kebutuhan nutrisi lain di masa emas anak, agar tumbuh kembangnya jadi optimal.