Konsep Ruang Tamu untuk Membuatnya Lebih Cantik dan Menarik

7 Konsep Ruang Tamu untuk Membuatnya Lebih Cantik dan Menarik

Property

Ruang tamu merupakan ruangan yang difungsikan sebagai ruang untuk menerima tamu. Umumnya terletak di bagian depan rumah atau juga ada yang di bagian tengah rumah. Ruangan ini selain dipergunakan untuk menjamu tamu yang datang juga dimanfaatkan sebagai tempat berkumpulnya keluarga terutama untuk rumah yang berkonsep minimalis. Oleh sebab itu, mengingat pentingnya fungsi ruangan ini, sebagai pemilik rumah, Anda pasti menginginkan sebuah ruangan yang nyaman dan nampak menyenangkan.

Desain Ruang Tamu Sederhana yang Nyaman

Ada banyak sekali konsep ruang tamu yang bisa diaplikasikan di rumah Anda. Semua konsep ini bisa disesuaikan dengan ukuran, kebutuhan dan selera yang Anda sukai. Mendekorasi ruang tamu memang harus dilakukan secara khusus. Anda bisa mendekorasinya dengan keseluruhan ruangan yang ada di rumah atau secara terpisah.

Berikut ini adalah beberapa macam konsep atau design ruang tamu yang bisa Anda pergunakan untuk di rumah, yaitu:

  1. Konsep Tanaman Hias

Bagi Anda yang menyukai tanaman hias namun tidak memiliki ruang yang cukup untuk melakukan budidaya, Anda bisa memanfaatkan beberapa ruang kosong yang ada di ruang tamu rumah Anda. Ruang kosong yang dimaksud adalah tempat atau space yang tidak ditempati seperti dinding, sudut ruangan dan di atas sebuah perabot tertentu.

Konsep tanaman hias tidak hanya akan mempercantik ruangan namun juga membuatnya nampak segar. Anda bisa meletakkan beberapa tanaman hias seperti anggrek, lily, mawar dan lain sebagainya.

  1. Konsep Ruang Tamu Kayu

Konsep yang satu ini menonjolkan ornamen kayu di dalamnya. Semua perabot yang digunakan berbahan dasar kayu seperti meja kursi kayu, laci kayu, vas bunga bermotif kayu dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan cat dinding berwarna serupa yang mendukung motif kayu seperti coklat muda, cream atau hijau pucat. Ruang tamu berkonsep kayu akan nampak klasik namun juga elegan, sehingga membuat orang merasa betah berada di dalamnya.

  1. Konsep Hitam Putih

Konsep selanjutnya adalah hitam putih. Perpaduan dua warna netral ini merupakan paduan paling dasar yang bisa diaplikasikan dalam sebuah ruangan, namun tidak meninggalkan unsur keindahan.

Anda bisa menata ruangan menggunakan beberapa perabot pilihan berwarna hitam atau putih seperti sofa putih, meja dan kusen hitam, lampu meja hitam dan lain sebagainya.

Penggunaan konsep ini akan memberikan kesan mewah namun tetap memberikan rasa nyaman. Umumnya, orang melihat warna hitam sebagai warna yang mati atau tidak bisa dipadukan dengan warna lainnya.

Oleh sebab itu, untuk mengatasinya adalah dengan menggunakannya sebagai warna minor di dalam ruang tamu. Aplikasikan beberapa bagian berwarna hitam dengan perbandingan tidak lebih dari 40 persen luas ruangan.

  1. Konsep Minimalis

Konsep ruang tamu yang satu ini menonjolkan kesederhanaan dalam penggunaan perabotan atau perlengkapan rumah tangga. Kelebihan konsep minimalis adalah tentang kerapian dan keteraturan.

Aspek ini menjadi modal utama dan merupakan perpaduan yang sempurna untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman dan menarik. Semua penataan dilakukan dengan rapi dan tidak terlalu penuh dengan tumpukan benda-benda.

Konsep minimalis sangat cocok untuk rumah dengan ukuran yang tidak seberapa luas. Dengan mengaplikasikan konsep minimalis, ruang tamu Anda akan terlihat lebih luas, apalagi jika didukung dengan cat dinding warna terang seperti putih, kuning pucat, cream atau hijau pucat yang akan menambah kesan luas.

  1. Konsep Vintage dan Retro

Vintage adalah sebuah konsep yang memanfaatkan benda lawas yang berusia sekitar 20 tahunan. Umumnya, barang vintage memiliki ciri tersendiri sesuai dengan masa atau periode barang tersebut diproduksi. Barang yang sekarang ini dikategorikan vintage adalah barang yang berasal dari tahun 1980an atau awal 1990an.

Contohnya seperti kursi kayu antik, televisi tabung non color, meja berbentuk bundar, dan lain sebagainya. Gaya desain ruang tamu vintage akan memberikan Anda kesan klasik, teduh dan membangkitkan kenangan lama.

Meskipun gaya ini sering diidentikkan dengan model lama dan lusuh, Anda bisa memermak semua perabot yang digunakan dengan cat-cat baru atau mencari barang-barang baru yang didesain vintage.

Anda bisa menata ruang sedemikian rupa dengan memaksimalkan koleksi barang vintage. Banyak sekali perabot modern yang sengaja didesain dengan konsep vintage untuk mendukung dan mengembangkan konsep Anda.

  1. Konsep Klasik Jawa

Konsep adat Jawa bisa diterapkan untuk mempercantik ruang tamu Anda. Unsur budaya Jawa sangat beraneka ragam dan umumnya merupakan konsep yang nyaman dan ramah. Suku Jawa terkenal karena keramahannya dalam menyambut tamu.

Dengan mengedepankan sifat kesederhanaan, konsep ruang tamu Jawa menggunakan dekorasi khas Jawa. Model kursi yang antik dengan ukiran atau desain kayu, warna-warni cat yang lembut serta pemakaian interior yang simple.

  1. Konsep atau Gaya Jepang

Konsep Jepang juga bisa diaplikasikan pada ruang tamu yang sempit. Gaya ini mengandalkan minimalis pemakaian kursi dan meja. Cara yang ditonjolkan adalah dengan duduk di lantai atau model lesehan.

Gaya jepang ini cukup banyak dipergunakan sekarang ini karena memberikan kesan santai dan akrab antara tamu dan pemilik rumah. Meskipun demikian, konsep Jepang tidak meninggalkan nilai keindahan sebuah ruang tamu.

Anda tetap bisa menambahkan beberapa ornamen seperti bantal duduk untuk menambah kenyamanan, menambah perabot kecil seperti lemari untuk tempat menyimpan barang dan lain sebagainya.

Ingin segera mengaplikasikan salah satu konsep ruang tamu tersebut di rumah Anda? Anda bisa melihat contoh ruang tamu yang bisa Anda tiru. Segera temukan rumah idaman Anda di rumah.com dan penuhi mimpi Anda mendekorasi ruang tamu dengan gaya yang Anda sukai.