Beda Robusta dan Arabica yang Harus Diketahui

Beda Robusta dan Arabica yang Harus Diketahui

Others

Pecinta kopi tentunya sudah tidak asing dengan istilah Robusta dan Arabica. Ya, ini adalah dua jenis kopi yang paling banyak disukai oleh pecinta kopi. Sebenarnya, apa sih beda Robusta dan Arabica itu? Untuk Anda yang ingin tahu jawabannya, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Lokasi Menanam

Jenis kopi Arabica biasanya hanya tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 700 hingga 1700 mdpl. Kawasan ini bisa disebut dengan dataran tinggi. Tanaman kopi ini juga memerlukan suhu yang sejuk yakni antara 16-20 derajat celcius.

Jika bibit kopi ini ditanam pada daerah dengan ketinggian di bawah 700 mdpl, tentu saja pohon kopi akan tumbuh dan berbuah. Hanya saja, tanaman akan lebih rentan terkena penyakit daun karat. Nah, penyakit ini akan membuat tanaman kopi tidak bisa tumbuh dengan maksimal.

Sedangkan kopi Robusta bisa hidup di daerah dataran rendah. Biji kopi yang dihasilkan dari tanaman ini juga banyak, hanya saja sangat rentan diserang serangga. Jenis tanaman kopi ini berbuah pada suhu yang hangat.

Aroma dan Rasa

Selain lokasi tanam yang berbeda, beda Robusta dan Arabica juga terletak pada rasa dan aroma yang dihasilkan. Kopi Robusta memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat dan kasar dibandingkan dengan Arabica. Hanya saja, rasa kopi Robusta terbilang cukup netral dan kurang bervariasi.

Sebelum disangrai, kopi Robusta juga memiliki aroma seperti kacang-kacangan. Namun, setelah disangrai, aromanya tidak terlalu nikmat, bahkan setelah diseduh. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan kopi Arabica. Biji kopi Arabica memiliki aroma yang segar bahkan seperti buah blueberry.

Pada saat disangrai, aromanya akan semakin wangi. Menariknya lagi, pada saat diseduh, rasa kopi ini sangat kaya dan bahkan kopi ini juga terasa manis dan asam meskipun belum ditambah dengan gula.

Bentuk biji

Bentuk biji kedua kopi ini juga berbeda lho. Kopi Arabica memiliki bentuk biji agak pipih dan memanjang. Sementara kopi Robusta memiliki bentuk agak membulat dan padat. Ukurannya juga lebih kecil dibandingkan dengan kopi Arabica. Ia juga memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan kopi Arabica yang halus.

Kadar kafein

Perbedaan kedua kopi selanjutnya terletak pada kadar kafein yang dimiliki oleh kedua kopi ini. Kopi Arabica cenderung memiliki kadar kafein yang lebih rendah yakni hanya 0,9-1,4 persen saja. Hal inilah yang menjadikan kopi ini sangat lembut dan tidak pekat pada saat diseduh.

Selain itu, jenis kopi Arabica juga nyaman di lambung. Hal ini berbeda dengan kopi Robusta yang memiliki kadar kafein 1,8 hingga 4 persen. Kandungan kafein yang tinggi menjadikan kopi ini memiliki rasa yang pahit.

Dengan mengetahui beda Robusta dan Arabica di atas, manakah jenis kopi yang Anda sukai. Keduanya tentunya memiliki kelebihan masing-masing di mata penikmatnya.