Mata Kering pada Anak, Berikan Insto Dry Eyes

Mata Kering pada Anak, Berikan Insto Dry Eyes

Lifestyle

Kondisi mata lelah dan kering pada anak bisa saja terjadi. Biasanya, hal ini terjadi karena penggunaan perangkat digital seperti ponsel yang berlebihan. Semakin sering anak menatap layar gawai, mereka cenderung akan jarang berkedip. Kalau sudah begini, mata yang kering dan mudah lelah tak akan bisa dihindari. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Dipicu Perangkat Elektronik

Mata pegel dan kering yang terjadi pada anak sebenarnya jarang sekali. Namun, bila Anda memberikan gawai pada buah hati dalam durasi yang lama dalam satu hari dan terus menerus, bukan tak mungkin anak akan mengalami masalah ini. Masalahnya, anak cenderung akan ketagihan tatkala diberikan gawai satu kali.

Mereka akan memainkannya dalam waktu yang lama dan lupa waktu sehingga kondisi mata sepet dan tak nyaman tak bisa dihindari. Ketika menggunakan gawai, mata mereka akan jarang berkedip dan inilah yang menyebabkan mata mereka kering. Saat ini, ada banyak studi yang mengatakan rata-rata anak menghabiskan waktu di depan layar 6 jam sehari.

Hal ini jelas tak sehat untuk mata mereka. Mata perih dan kering pasti akan mengintai terlebih bila dilakukan terus-menerus. Sebenarnya, masih banyak yang jadi penyebab kondisi ini. Pada orang dewasa, biasanya masalah mata ini dipicu stres, kurang tidur, berada di ruangan ber-AC terlalu lama dan masih banyak lagi.

Namun, untuk anak-anak, penggunaan gawai adalah pemicu paling utama. Oleh sebab itu, sangat disarankan orang tua membatasi waktu anak menggunakan gawai serta menonton televisi untuk menghindari mata yang kering pada mereka.

Tanda

Untuk mengetahui apakah anak Anda mengalami gejala mata yang kering, Anda bisa melihat tanda-tandanya. Tanda mata yang kering adalah mata sepet. Kondisi yang satu ini ditandai dengan mata yang terasa tak nyaman dan gatal sehingga memicu anak menggaruknya. Selain itu, tanda lainnya adalah mata perih.

Kondisi ini biasanya timbul akibat kucekan yang dilakukan anak secara tak sengaja. Tanda terakhir adalah mata pegel. Kondisi yang satu ini biasanya ditandai dengan mata yang terasa tak nyaman dan tegang. Kadangkala, diikuti juga mata yang berkedut-kedut.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mengatasi mata kering pada anak sebenarnya tak susah. Anda bisa membatasi waktu penggunaan gawai pada anak dan memberi mereka obat tetes mata. Salah satu obat tetes mata yang bisa Anda berikan adalah Insto Dry Eyes. Obat tetes mata ini mengandung bahan aktif yang bisa melumasi mata mereka.

Bahan aktif yang dimaksud adalah hydroxypropyl methylcellulose. Selain bisa melumasi mata, bahan aktif ini juga mampu membunuh bakteri yang masuk ke mata dan menyebabkan kondisi mata yang bermasalah ini makin parah. Tak usah khawatir kalau obat tetes mata ini tak cocok untuk anak. Obat tetes mata ini aman digunakan.

Baik untuk anak-anak, orang dewasa bahkan ibu hamil pun diperbolehkan menggunakan obat tetes mata ini. Jadi Anda tak perlu khawatir. Penggunaannya juga sangat mudah. Cukup teteskan satu hingga dua tetes saja pada masing-masing mata. Efeknya akan segera terasa. Mata akan terasa lebih nyaman dan rileks beberapa detik setelahnya.

Nah, kini Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi mata lelah dan kering yang terjadi pada anak, kan? Insto Dry Eyes aman diberikan pada buah hati Anda. Jadi, tak usah khawatir dan bingung lagi memilih obat tetes mata yang pas. Selain itu, pastikan buah hati Anda tidak menggunakan gawai terlalu lama.