Mengenal Lebih Jauh Kandungan dan Manfaat Bawang Putih

Mengenal Lebih Jauh Kandungan dan Manfaat Bawang Putih

Kesehatan

Selama ini bawang putih hanya dikenal sebagai bumbu masakan. Namun, ternyata bawang putih memiliki pelbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, kali ini kita akan membahas kandungan dan manfaat bawang putih, berikut pembahasanya.

Kandungan Bawang Putih

Bawang putih memiliki nama latin Allium Sativum, yang termasuk ke dalam keluarga Amaryllidaceae, yang masih saudara dari bawang merah dan daun bawang. Satu buah bawang putih umumnya terdiri atas 1 hingga 10 siung, di mana tiap siungnya mengandung 6—8 gram.

Tiap 100 gram bawang putih mengandung kira-kira 4 kalori, 1 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,1 gram serat, 0,1 mg mangan, 0,9 mg vitamin C, 5,4 mg magnesium, 0,4 kilogram selenium, dan antioksidan, seperti flavonoid, oligosakarida dan asam amino.

Selain itu, bawang putih juga diperkaya oleh senyawa sulfur aktif, seperti allicin, allyl propyl disulfide, diallyl disulfide dan diallyl trisulfide. Zat-zat tersebut akan bereaksi membentuk senyawa allicin ketika  bawang putih mentah terkoyak oleh gigi.

Khasiat Bawang Putih

Terlepas dari aromanya yang menyengat, bawang putih memiliki pelbagai macam manfaat. Beberapa kandungan di atas dapat membantu dan mengatasi pelbagai masalah kesehatan, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Dilansir dari Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi 10 gram bawang putih dapat menurunkan sekitar 5—10 LDL kolesterol.  Hal ini juga dapat menurunkan resiko terjadi penyakit jantung dan kardiovaskular.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan senyawa allicin pada bawang putih terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dapat melawan kuman yang dapat menyebabkan pelbagai penyakit, seperti batuk, pilek, sakit gigi dan radang tenggorokan. Alhasil, Anda akan lebih sehat dan tahan terhadap serangan pelbagai macam penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat bawang putih lainya adalah menjaga kesehatan kulit. Allicin yang memiliki sifat antimikroba dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, pelbagai sifat tersebut juga dapat membantu meredakan pembengkakan dan peradangan kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah dan mencernakan rona kulit.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bawang putih mengandung pelbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga dan seng yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, serta kulit akan menjadi lebih bersih dan halus.

Cara Memanfaatkan Bawang Putih

Cara terbaik mendapatkan pelbagai manfaat di atas adalah dengan cara mengunyah langsung bawang putih mentah. Meskipun menghasilkan aroma yang kurang sedap, cara ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dan dapat bekerja secara optimal. Pasalnya, ketika sudah dimasak, beberapa nutrisi penting akan hilang.

Demikian ulasan singkat tentang kandungan dan manfaat bawang putih, serta cara menggunakannya. Meskipun memiliki banyak manfaat, mengonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Jumlah yang disarankan adalah 1—4 siung bawang putih mentah per hari.