https://www.todsshoesess.com/nasib-wisata-pangandaran-banyak-pengunjung-banyak-sampah.html

Nasib Wisata Pangandaran Banyak Pengunjung, Banyak Sampah

Traveling

Wisata Pangandaran telah ramai pengunjung apalagi di waktu liburan sekolah tiba. Banyak masyarakat yang akan memanfaatkan waktu ini untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata bersama keluarga tercinta. Bagi Anda yang berada di daerah Jawa Barat tak ada salahnya turut mengunjungi berbagai wisata yang ada di Pangandaran.

Nasib Lokasi Wisata Pangandaran Saat Liburan Tiba

Berdasarkan berita yang dilansir oleh harapanrakyat.com yang melakukan pengamatan langsung di lapangan, beberapa lokasi wisata Pangandaran saat liburan sekolah tiba mulai dikunjungi banyak wisatawan yang tidak hanya dari Pangandaran saja, tetapi juga daerah Ciamis, Tasikmalaya dan daerah lainya.

Menurut Tikno salah seorang wisatawan asal Tasikmalaya mengatakan bahwa pada liburan di Pangandaran ini membawa serta anak dan keluarganya. Oleh karena itu, setiap musim liburan lokasi wisata di Pangandaran ini sangat ramai pengunjung.

Tikno juga mengatakan bahwa harga tiket pada wisata ini sangatlah terjangkau, sehingga Ia dan keluarga sering mengunjungi Wisata Pangandaran. Pernyataan senada juga dilontarkan oleh salah seorang pegawai hotel di Pangandaran yang akrab dipanggil Pak Kumis. Pak Kumis mengatakan bahwa saat liburan tiba tempat penginapannya banyak didominasi oleh wisatawan lokal yang berasal dari Tasikmalaya, Cilacap dan daerah sekitar Pangandaran lainnya.

Tidak hanya saat liburan sekolah saja, namun libur lebaran juga membuat objek wisata ini menjadi incaran masyarakat. Bahkan tercatat pada hari pertama Idul Fitri pengunjung yang masuk pada kawasan wisata sebanyak 32.075 orang.

Ketua Timsus retribusi pantai Pangandaran Bapak Dadan juga mengatakan bahwa hari pertama yang masuk pantai Pangandaran sekitar 27.690 orang termasuk juga ada 3 turis mancanegara diantaranya. Selain itu Ia juga menambahkan keterangan bahwa banyak wisata favorit pengunjung lainnya dan rata-rata sekitar 300 hingga 500 an pengunjung, misalnya di Batuhiu yang telah dikunjungi sebanyak 529 orang.

Kemudian ada di Batukaras mencapai 3.157 pengunjung. Serta tempat lainnya seperti Pantai Karapyak sebanyak 539 pengunjung dan Green canyon yang mencapai 415 orang. Pak Dadan juga memprediksi bahwa puncak kunjungan akan terjadi di hari sabtu. Sementara hari pertama dan kedua liburan masih belum begitu banyak, hal tersebut wajar karena pada saat ini masyarakat masih menggunakan momen lebaran pertama untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat dekat. Maka selanjutnya akan digunakan untuk liburan.

Peningkatan jumlah wisatawan saat liburan ini juga meningkatkan sampah pada objek wisata Pangandaran itu sendiri. Bahkan bisa mencapai peningkatan 150%. Olehkarena itu, Dinas lingkungan dan kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran telah menerjunkan sekitar 220 petugas pasapon dan 10 kru mobil untuk mengangkut banyaknya sampah yang terebar di objek wisata tersebut.

Kepala Bidang Kebersihan DLHK Pangandaran atas nama Cucu Kurniawan pada liburan lebaran 2019 ini pihaknya melakukan penanganan secara intensif terhadap sampah-sampah yang ada diberbagai lokasi wisata yang ada di Pangandaran.

Bahkan petugas harus tetap bekerja selama 24 Jam untuk hasil yang maksimal. Bapak Cucu Kurniawan juga mengatakan bahwa kapasitas sampah yang dihasilkan di Pantai Barat dan Timur Pangandaran telah mencapai sekitar 125 meter kubik. Sedangkan pada waktu libur lebaran volume sampah juga terus mengalami kenaikan sekitar 150 persen atau sekitar 275 hingga 300 meter kubik.

Bukankah ini peningkatan yang drastis? Bagaimana jika tiap tahunnya terus mengalami kenaikan?. Hal semacam ini menjadi PR tersendiri bagi pengunjung dan pemerintah setempat. Bapak Cucu Kurniawan juga menambahkan petugasnya telah menyisi berbagai lokasi sekitar pantai, bahu jalan hingga sampai pada lokasi pantai untuk menemukan sampah yang berserakan.

Sampah yang membludak ini sebagai pertanda banyaknya pengunjung yang datang. Namun, Bapak Cucu Kurniawan juga terus menghimbau pada semua pengunjung agar tetap memperhatikan kebersihan dan turut menjaga kebersihan wisata Pangandaran khususnya. Sementara itu para petugas yang lain juga mulai melakukan tugasnya untuk menyiram tanaman dari pukul 04.00 WIB dan lanjut pada sore harinya.

Demikianlah kabar tempat wisata Pangandaran selama liburan tiba, baik liburan sekolah maupun liburan lebaran yang selalu ramai pengunjung baik dari daerah Pangandaran sendiri atau daerah sekitarnya. Namun, sangat disayangkan jika bertambah ramainya wisata akan juga menambah volume sampah yang dihasilkan. Mulai sekarang pastikan Anda turut menjaga lingkungan wisata yang dikunjungi.