Rahasia di Balik Kopi Hitam tanpa Gula untuk Kesehatan Tubuh

Rahasia di Balik Kopi Hitam tanpa Gula untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Kopi ternyata juga menyimpan berbagai macam khasiat untuk tubuh. Tidak hanya rasanya saja yang nikmat, Namun, bukan sembarang kopi, kunci untuk bisa mendapatkan khasiatnya adalah dengan meminum kopi hitam tanpa gula. Bagi sebagian orang mungkin belum terbiasa dengan rasa pahitnya, namun sebagian yang lainnya justru lebih menyukainya.

Dibalik rasa pahitnya kopi hitam tanpa gula, ternyata terdapat beragam sekali manfaatnya. Mungkin sebagian orang bahkan belum mengetahui soal manfaatnya ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi hitam untuk tubuh.

1. Meningkatkan Daya Ingat

Seiring bertambahnya usia, beberapa orang mungkin akan mengalami masalah dengan memori penyimpanan mereka. Hal tersebut bisa dikarenakan oleh kurang aktifnya otak. Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda mengonsumsi kopi. Menurut para ahli, kopi hitam dipercaya dapat membantu otak agar tetap aktif dan meningkatkan daya ingat.

Jadi, Anda bisa sekaligus merawat daya ingat dan juga mencegah demensia hanya dengan minum secangkir kopi. Para ahli bahkan menganjurkan untuk mengonsumsi kopi dua cangkir dalam sehari untuk orang dewasa. Pertama pada pagi hari setelah sarapan dan malam setelah makan malam.

2. Membersihkan Saluran Pencernaan

Manfaat selanjutnya dari minum kopi hitam tanpa gula adalah mampu membersihkan racun dan bakteri yang bersemayam di perut. Hal tersebut dikarenakan, kopi adalah minuman diuretic yang bisa mengangkut racun dan bakteri keluar bersama feses. Sehingga, kondisi pencernaan akan lebih bersih dan tubuh menjadi lebih sehat.

3. Melindungi dari Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah melalui kopi hitam yang tidak ada kandungan gulanya. Hal tersebut dikarenakan, kopi mampu mengurangi tingkat peradangan, yang artinya bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Antioksidan dalam Tubuh

Kopi juga mampu menjadi antioksidan dalam tubuh, sehingga akan terhindar dari ancaman radikal bebas. Kandungan yang dimiliki kopi seperti vitamin B2, B3, B5, magnesium, potassium dan zat mangan diklaim memiliki efek antioksidan.

5. Mengurangi Berat Badan

Bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan, Anda bisa mencoba cara ini. Kopi ternyata memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolism tubuh hingga 50 persen. Sehingga, lemak-lemak yang menumpuk bisa dengan cepat terbakar. Namun, Anda harus mendukungnya dengan olahraga rutin dan menjaga pola makan.

6. Menjaga Mood

Tanpa disadari saat Anda meminum secangkir kopi, pasti ada sebuah perasaan bahagia yang muncul. Saat sedang stress pekerjaan, atau pusing memikirkan hal-hal yang tidak pasti, meminum kopi akan membantu membuat pikiran Anda menjadi lebih jernih. Adanya kandungan kafein yang mampu meningkatkan dopamine dalam tubuh, sehingga suasana hati pun bisa menjadi lebih baik.

Itulah tadi beberapa manfaat dari minum kopi hitam tanpa gula. Perlu diingat bahwa, minumlah kopi secukupnya, karena jika berlebih juga akan mengganggu kesehatan. Cukup dengan dua cangkir dalam sehari, dan hidup akan lebih sehat dan bahagia.