Tanda-tanda Akan Melahirkan Secara Prematur

Tanda-tanda Akan Melahirkan Secara Prematur

Kesehatan

Kehamilan pada umumnya mempunyai jangka waktu 9 bulan lebih beberapa hari sebelum akan melahirkan. Akan tetapi ibu hamil juga bisa untuk melahirkan sebelum waktunya yang dikenal sebagai kelahiran prematur. Anak yang lahir secara prematur bisa tumbuh dengan normal akan tetapi pada umumnya mempunyai masalah ketika masih bayi terutama masalah kesehatannya. Kelahiran prematur sendiri apabila anak yang lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu. Karena untuk kelahiran yang normal biasanya terjadi saat usia kehamilan 40 minggu. Adapun bagi Anda yang mempunyai tanda-tanda akan melahirkan seperti di bawah ini berarti nantinya akan melahirkan secara prematur. Tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mengalami kontraksi

Tanda pertama ketika akan melahirkan secara prematur adalah ketika ibu hamil mengalami kontraksi berkali-kali. Kontraksi memang wajar akan terjadi menjelang persalinan, akan tetapi apabila sudah mengalami kontraksi saat kehamilan kurang dari 37 minggu maka bisa menjadi tanda bahwa ibu hamil akan mengalami persalinan sebelum waktunya atau persalinan prematur. Rasa kontraksi tersebut akan membuat rasa tarikan yang ada di perut dan disertai dengan rasa nyeri. Biasanya rasa tersebut akan dirasakan secara terus menerus dan tidak hilang dan bahkan bisa terjadi setidaknya 5 kali kontraksi dalam kurun waktu 1 jam.

  • Mengalami kram

Tanda selanjutnya ketika akan melahirkan adalah mengalami kram seperti rasa kram yang dialami saat menstruasi. Ibu hamil yang mengalami rasa kram perut di bagian bawah sebelum waktu melahirkan maka bisa untuk bersiap-siap untuk melahirkan secara prematur. Karena hal tersebut juga menjadi tanda yang sering terjadi apabila bayi lahir sebelum waktunya. Rasa kram ini sendiri dapat timbul dan juga hilang secara bergantian. Akan tetapi mempunyai sifat yang konstan dan terus berulang sehingga akan sangat mengganggu.

  • Cairan vagina yang meningkat

Tanda selanjutnya yang dapat dilihat ketika ibu hamil akan melahirkan tetapi sebelum waktunya adalah ketika produksi cairan vagina yang meningkat. Bagi ibu hamil yang sudah menunjukan tanda bahwa cairan vagina mengalami peningkatan sebelum 37 minggu merupakan tanda melahirkan secara prematur. Hal ini dapat dirasakan oleh ibu hamil bahkan juga tidak jarang hal tersebut disertai dengan cairan darah yang keluar dari vagina. Sehingga apabila mengalami tanda tersebut maka sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit.

  • Keluar cairan dari vagina

Tanda melahirkan selanjutnya yang menjadi tanda bahwa wanita akan mengalami kelahiran prematur adalah ketika keluar cairan dari vagina. Hal ini merupakan tanda yang dialami oleh ibu hamil lainnya ketika akan melahirkan yaitu air ketuban yang sudah pecah. Tetapi hal ini tidak menjadi normal karena ibu hamil mengalami air ketuban pecah sebelum waktunya. Oleh karena itulah apabila sudah muncul cairan dari vagina sebelum waktunya maka hal tersebut merupakan tanda kelahiran prematur dan bisa segera untuk dibawa ke rumah sakit mendapatkan penanganan yang dibutuhkan.

  • Sakit punggung bawah

Hal terakhir yang menjadi tanda bahwa akan melahirkan secara prematur adalah mengalami sakit punggung bawah. Tanda ini adalah ketika ibu hamil mengalami rasa sakit yang bisa hilang tetapi kemudian datang kembali di bagian panggul. Rasa ini ditandai seperti dorongan bayi yang akan keluar. Sehingga ibu hamil mengalami rasa sakit di bagian punggung bawah dan panggul. Tanda-tanda akan melahirkan prematur ini dan juga sebelumnya dapat diperhatikan agar mendapatkan perawatan yang tepat walaupun terjadi sebelum waktunya melahirkan.