Tips Pemberian MPASI Pertama untuk Si Kecil

Tips Pemberian MPASI Pertama untuk Si Kecil

Lifestyle

Memasuki usia 6 bulan, pemberian ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil, untuk itu perlu diberikan MPASI pertama agar keseimbangan tersebut terjaga. Namun demikian banyak ibu yang masih bingung makanan apa saja yang seharusnya diberikan pada si kecil dan bagaimana cara mengolahnya.

Pilih Bahan Segar

Tersedianya makanan pendamping ASI untuk bayi mulai dari usia 6 bulan ke atas memang sangat memudahkan ibu dalam pengolahan maupun penyajian. Namun demikian segala sesuatu berbau instan tetap saja mempunyai efek samping yang harus ditanggung. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk memberikan makanan pendamping buatan sendiri agar lebih sehat.

Hindari Penambah Rasa

Saat memberikan MPASI pertama pada si kecil, sebaiknya ibu tidak menambahkan gula, garam, atau minyak dalam pembuatannya. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan bayi dengan rasa asli dari makanan tersebut.

Buah atau Bubur?

Dalam prakteknya, ibu sering bingung apakah harus memberikan bubur atau buah terlebih dahulu. Sebaiknya Anda memberikan bubur dengan tekstur lunak terlebih dahulu dibanding buah pada si kecil.

Karena sifat buah yang kaya akan rasa, membuat lidah bayi merasa dimanjakan dengan pengalaman batu tersebut. Sehingga apabila kemudian ibu memberikan bubur yang cenderung tidak berasa maka biasanya bayi akan bersikap tidak suka dengan makanan tersebut.

MPASI atau ASI Dulu?

Sebagai seorang ibu, Anda tentunya ingin memberikan segala yang terbaik bagi putra-putri Anda. Namun sayangnya banyak yang tidak mengetahui urutan pemberian MPASI yang baik: apakah diberikan sebelum minum ASI atau sesudah minum ASI.

Dalam hal ini, sebaiknya Anda memberikan ASI terlebih dahulu baru setelah beberapa saat disusul dengan makanan pendamping. Hal ini bertujuan agar ASI yang diperlukan si kecil tetap tercukupi walaupun ia mengonsumsi makanan pendamping. Selain itu urutan tersebut juga dapat membantu bayi dalam masa transisi yang dialaminya dari ASI menuju makanan padat.

Tahapan MPASI

Saat pemberian makanan pendamping pada bayi untuk pertama kali, tentu makanan tersebut harus bertekstur lunak. Selain belum mempunyai gigi lengkap, organ pencernaan bayi pun belum siap dengan makanan lain selain ASI, jadi pemberian harus bertahap.

Tahap kedua atau sekitar usia 7-8 bulan Anda bisa mulai memberikan makanan pendamping bertekstur sedikit lebih kasar pada si kecil. Makanan tersebut bisa Anda potong cincang, di tumbuk kasar atau bisa juga dihancurkan dengan blender namun tetap tekstur yang dihasilkan sedikit lebih kasar dari sebelumnya.

Setelah bayi mampu mengonsumsi makanan bertekstur kasar dengan baik, Anda bisa beralih ke tingkat selanjutnya. Makanan-makanan yang Anda berikan bisa di potong kecil-kecil untuk melatih bayi dalam mencerna makanan. Selain itu Anda juga bisa mengajarinya agar bisa mandiri dengan cara memberikan potongan makanan tersebut.

MPASI pertama sangat penting untuk diberikan pada si kecil agar melatih kemampuannya dalam mencerna makanan. Sebaiknya Anda memberikan ASI terlebih dahulu sebelum memberikan makanan pendamping untuk si kecil. Hal ini bertujuan agar bayi tetap mendapatkan asupan ASI yng cukup serta membantu bayi melalui masa transisi dari ASI ke makanan padat.